Jenis-Jenis Laporan Keuangan

jenis laporan keuangan

Laporan keuangan berisi informasi catatan seperti aset perusahaan, kewajiban modal pendapatan dan pengeluaran serta kontribusi para investor pada suatu periode. Ada 4 jenis laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan dagang, jasa dan manufaktur.

Masing-masing jenis laporan keuangan melaporkan informasi yang berbeda-beda. Informasi laporan keuangan dibutuhkan untuk menilai kinerja keuangan dan bisnis perusahaan.

Pemakai informasi laporan keuangan meliputi pihak manajemen investor pemerintah wah dan pemilik perusahaan.

Jenis Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah alquran keuangan yang memberikan informasi tentang pendapatan dan pengeluaran perusahaan pada suatu periode. 

Yang termasuk pendapatan adalah hasil dari penjualan barang dagang atau jasa yang merupakan aktivitas utama suatu bisnis.

Sedangkan yang termasuk dalam beban perusahaan adalah gaji karyawan, sewa kendaraan, sewa gedung, pembelian peralatan dan biaya angkut. Biaya-biaya yang timbul bisa dianalisa untuk menilai apakah perusahaan sudah efektif dalam menjalankan bisnisnya. 

Semua pos pendapatan dan biaya terkumpul, maka akan diperoleh laba atau rugi bersih perusahaan.

Dari laporan laba rugi kita bisa melihat berapa jumlah kekayaan baru perusahaan pada suatu periode.

Baca juga Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Jenis Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang mencatat dan melaporkan tentang perubahan modal yang terjadi pada perusahaan, dalam periode akuntansi tertentu.

Laporan perubahan modal dibuat berdasarkan jenis perusahaannya misalnya perusahaan perorangan, perusahaan persekutuan dan perusahaan perseroan. 

Data yang diperlukan untuk menyusun laporan perubahan modal adalah jumlah modal pada awal periode, jumlah laba atau rugi bersih dan pengambilan pribadi pemilik dalam periode tertentu.

Jenis Laporan Arus KasĀ 

Laporan arus kas merupakan laporan keuangan yang berisi catatan tentang penerimaan dan pengeluaran kas perusahaan pada periode tertentu. Penerimaan dan pengeluaran kas perusahaan berasal dari aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pembiayaan.

Baca juga Manfaat Laporan Keuangan Perusahaan Bagi Pemerintah

Jenis Neraca atau Laporan Posisi Keuangan

Pada laporan neraca kita bisa melihat berapa jumlah kekayaan, jumlah utang dan jumlah modal yang dimiliki oleh perusahaan. Inilah mengapa neraca disebut sebagai laporan posisi keuangan. 

Unsur-unsur di dalam neraca diantaranya aktiva, kewajiban dan modal.

Aktiva adalah sumber daya yang dimiliki perusahaan yang bisa digunakan untuk menjalankan bisnis. Contoh aktiva adalah uang kas, tanah, kendaraan, pembayaran di muka, peralatan kantor dan bangunan.

Saldo normal dari aktiva adalah sebelah debit. Jadi setiap terjadi penambahan akan mempengaruhi kolom debit. Sedangkan untuk pengurangan maka perubahan terjadi di kolom kredit.

Kewajiban adalah hutang yang harus dilunasi. Jenis-jenis kewajiban adalah kewajiban jangka pendek dan kewajiban jangka panjang. Kewajiban jangka pendek merupakan kewajiban yang harus dilunasi dalam jam1 tahun depan. Sebaliknya, kewajiban jangka panjang adalah kewajiban yang jatuh tempo lebih dari 1 tahun. Contoh kewajiban diantaranya pembelian kredit pinjaman bank dan hutang pajak.